10 Makana Tidak Sehat Bagi Tubuh Kita Bersama


Pengertian makanan tidak sehat adalah makanan yang tidak mengandung gizi seimbang, hanya memiliki sedikit serat dan sedikit zat yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh. Bila diberikan pada bayi, balita dan anak-anak, makanan tidak sehat tidak mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Bila dilihat dari kandungan gizinya, makanan tidak sehat adalah makanan yang kurang memiliki kadar karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak tak jenuh. Dikarenakan kurang memiliki kandungan-kandungan gizi tersebut, maka makanan tidak sehat sangat jauh dari sebutan makanan empat sehat lima sempurna.
Makanan tidak sehat bila dikonsumsi dapat menimbulkan berbagai permasalahan. Alih-alih untuk menyehatkan dan memenuhi asupan nutrisi, makanan tidak sehat justru menimbulkan berbagai dampak negatif seperti timbulnya penyakit, menghambat perkembangan tubuh, mengurangi kecerdasan otak, mengurangi fungsi gerak anggota badan, bahkan dapat menimbulkan kematian.
Dalam rilis badan kesehatan dunia WHO, tidak semua makanan enak selalu sehat. Beberapa diantaranya cenderung menjadi makanan tidak sehat dan mengancam kesehatan tubuh.

1. Gorengan



Kandungan kalori pada gorengan (apapun jenisnya) terbilang tinggi. Begitu juga dengan kandungan lemak dan oksidan, keduanya terbilang tinggi. Gorengan dapat menjadi makanan tidak sehat apabila dikonsumsi secara sering karena dapat menyebabkan obesitas, memicu hyperlipitdema dan dapat menjadi salah satu penyebab penyakit jantung koroner. Beberapa survey yang dilakukan para ahli membuktikan bahwa orang yang rajin makan gorengan memiliki kecenderungan terkena penyakit kanker lebih besar dari pada yang meninggalkan makan gorengan atau makan gorengan secara jarang-jarang.


2. Makanan Kalengan



Secara fisik, makanan kalengan (daging kalengan atau buah kalengan) terlihat lebih menarik dan mengundang hasrat untuk makan. Namun tahukah kita bahwa makanan kalengan adalah salah satu diantara beberapa makanan tidak sehat. Makanan kalengan tidak memiliki gizi memadai seperti ketika masih belum dikaleng. Nilai gizinya sudah berkurang sangat drastis. Kandungan vitamin dan protein makan kalengan kebanyakan sudah rusak saat proses pengalengan itu dilakukan.
Untuk buah kalengan selain rusaknya kadar vitamin, buah kalengan memiliki kadar gula tinggi yang sudah berbentuk cairan. Ketika masuk dalam tubuh, cairan ini akan mudah terserap sehingga secara cepat akan meningkatkan kadar gula tubuh yang memicu penyakit diabetes, beban pankreas semakin berat.


3. Makanan Asinan



Seperti halnya buah kalengan yang memiliki kadar gula tinggi, makanan asinan juga termasuk makanan tidak sehat karena mengandung kadar garam tinggi. Hal itu terjadi karena pada saat proses pengasinan dibutuhkan tambahan garam dalam jumlah sangat banyak.
Makanan yang memiliki kadar garam melebihi batas normal akan menambah beban salah satu organ dalam tubuh yaitu ginjal. Juga dapat merusak usus dan selaput lendir pada lambung. Makanan asinan juga rentan memicu hipertensi atau penyakit darah tinggi.
Selain itu makanan asinan juga dapat meningkatkan bahaya penyakit kanker tenggorokan dan hidung dikarenakan proses pengasinan makanan hampir selalu menambahkan bahan amonium nitrit.


4. Daging Olahan



Di dalamnya meliputi ham, sosis, dan lain-lain. Daging Olahan menjadi makanan tidak sehat dikarenakan bahan tambahan pada saat proses pengolahan dilakukan. Penambahan bahan pengawet dan pewarna pada makanan ini menambah beban hati menjadi semakin berat. Makanan – makanan ini juga mengandung amonium nitrit yang menjadi salah satu penyebab kanker. Mengkonsumsinya secara sering dan dalam jumlah banyak menjadikan tekanan darah kurang stabil dan kinerja ginjal terganggu.


5. Daging berlemak dan Jerohan



Daging berlemak dan jerohan bisa jadi menjadi makanan yang mengundang selera ketika diolah dan disajikan secara indah. Makanan ini banyak memang mengandung banyak protein, vitamin dan mineral. Menjadi makanan tidak sehat karena makanan ini memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol dalam jumlah yang tinggi. Mengkonsumsinya dalam jumlah besar bisa memicu timbulnya penyakit jantung koroner, kanker usus besar (tumor ganas) dan lain-lain.


6. Olahan Keju



Berbagai macam cake dan kue adalah sebagian makanan yang memiliki bahan dasar keju. Bila dimakan secara wajar, olahan keju akan bermanfaat bagi tubuh. Namun olahan keju bisa menjadi makanan tidak sehat dan menjadi pemicu berbagai masalah bila dikonsumsi berlebihan. Olahan keju bisa menjadikan berat badan meningkat, gula darah naik, gairah makan menurun yang mengakibatkan perut menjadi kosong sehingga rentan terhadap berbagai macam penyakit.


7. Mi Instan



Ada banyak sekali bahaya mengkonsumsi Mi instan yang membuat makanan ini masuk dalam kategori makanan tidak sehat. Hal ini tidak lepas dari berbagai bahan baku dan bahan pelengkap yang digunakan dalam pembuatan Mi instan. Diantaranya; Mi instan kebanyakan dibuat dari bahan yang mengandung karbohidrat dan lemak tinggi sehingga memicu obesitas atau kegemukan.
Mi instan memiliki kandungan natrium yang tinggi yang dapat meningkatkan risiko penyakit kanker dan meningkatkan tekanan darah. Mengkonsumsi makanan yang mengandung natrium tinggi seperti mi instan dalam jangka panjang dapat memicu timbulnya penyakit lupus. Survey samishare.com terhadap salah satu produk mi instan menemukan bahwa dalam sajian 1040 mg mengandung natrium sebanyak 45% atau hampir separohnya. Karena itu, usahakan menghindari konsumsi mi instan kecuali kalau memang harus yang disebabkan suatu hal atau dalam keadaan darurat.


8. Makanan yang Dipanggang atau Dibakar



Kelezatan makanan panggang atau bakar seperti aneka sate dan aneka ikan bakar memang tak diragukan lagi. Apalagi jika perut dalam keadaan lapar, tentu akan lebih terasa lagi nikmatnya.
Ternyata dibalik nikmatnya makanan panggang atau bakar, tersembunyi bahaya yang selalu mengintai. Makanan enak ini termasuk makanan tidak sehat. Saat proses pembakaran langsung di atas arang, lemak dari daging yang dibakar akan menetes pada arang yang membara. Lemak yang terbakar tersebut menimbulkan suatu zat yang dinamakan zat karsinogen.
Dalam dunia kesehatan zat karsinogen terkenal sebagai zat yang dapat menyebabkan penyakit kanker atau meningkatkan risiko terkena penyakit kanker.


9. Makanan Manis Beku



Kebanyakan orang hanya beranggapan bahwa menyimpan makanan manis seperti es krim, cake mentega, coklat manis dan lainnya dalam lemari es hingga membeku akan membuat makanan awet, tidak cepat basi, dan tetap sehat dikonsumsi.
Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Makanan-makanan manis seperti contoh diatas adalah makanan tidak sehat karena tetap mengandung kalori tinggi yang dapat memicu kegemukan sekalipun telah disimpan sampai membeku. Kadar gula dalam makanan tersebut juga tidak berkurang, tetap tinggi dan dapat membuat nafsu makan berkurang.


10. Manisan Kering



Manisan kering cenderung mengandung garam tinggi yang mengakibatkan meningkatnya tekanan darah serta memperberat kinerja ginjal.

Kesimpulan
Pengertian makanan tidak sehat adalah makanan yang tidak memiliki kandungan gizi seimbang, memiliki sedikit serat dan memiliki sedikit zat yang dibutuhkan tubuh. Makanan tidak sehat adalah kebalikan dari makanan sehat yang sering disebut dengan empat sehat lima sempurna.
Itulah sedikit ulasan tentang pengertian makanan tidak sehat beserta beberapa contohnya. Demi terjaganya kesehatan tubuh, mari hindarkan diri kita dan keluarga kita dari mengkonsumsi makanan tidak sehat dan beralih pada pola makan makanan sehat.
Semoga bermanfaat !!!

1 Response to "10 Makana Tidak Sehat Bagi Tubuh Kita Bersama"

  1. Sabung Ayam Live Online Terbaik & Terlengkap!
    Tersedia Taruhan S128 | SV388 | KUNGFU Chicken
    Bonus 10% Deposit Member Baru / Cashback 5 - 10% Setiap Minggu
    Daftar >> Deposit >> Withdraw Sekarang Juga Di Website www. bolavita .site
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    BBM: BOLAVITA
    WA: +628122222995

    ReplyDelete