Hipoglikemia (gula darah rendah)

Hipoglikemia (gula darah rendah)
Pengertian
Hipoglikemia, atau "hypo", adalah tingkat abnormal rendah glukosa dalam darah Anda (kurang dari empat milimol per liter).

Ketika glukosa (gula) tingkat Anda terlalu rendah, tubuh Anda tidak memiliki cukup energi untuk melaksanakan kegiatannya.

Hipoglikemia paling sering dikaitkan dengan diabetes, dan terutama terjadi jika seseorang dengan diabetes mengambil terlalu banyak insulin, merindukan makan atau latihan terlalu keras.

Dalam kasus yang jarang terjadi, hal itu mungkin bagi orang yang tidak memiliki diabetes mengalami hipoglikemia. Hal ini dapat dipicu oleh kekurangan gizi, pesta minuman keras atau kondisi tertentu, seperti penyakit Addison.

Gejala hipoglikemia
Kebanyakan orang akan memiliki beberapa peringatan bahwa kadar glukosa darah mereka terlalu rendah, yang memberikan mereka waktu untuk memperbaikinya. Gejala biasanya terjadi ketika kadar gula darah turun di bawah empat milimol (mmol) per liter.

tanda-tanda peringatan dini khas merasa lapar, gemetar atau kegoyahan, dan berkeringat. Dalam kasus yang lebih parah, Anda juga mungkin merasa bingung dan mengalami kesulitan berkonsentrasi. Dalam kasus yang sangat berat, hipoglikemia seseorang mengalami dapat kehilangan kesadaran.

Ini juga mungkin untuk hipoglikemia terjadi selama tidur, yang dapat menyebabkan keringat berlebih, gangguan tidur, dan merasa lelah dan bingung setelah bangun.

Mengoreksi hipoglikemia
Pengobatan langsung untuk hipoglikemia adalah untuk memiliki beberapa makanan atau minuman yang mengandung gula, seperti tablet dekstrosa atau jus buah, untuk memperbaiki kadar glukosa darah Anda.

Setelah memiliki sesuatu yang manis, Anda mungkin harus memiliki lagi-acting "tepung" karbohidrat makanan, seperti sandwich atau beberapa biskuit.

Jika hipoglikemia menyebabkan hilangnya kesadaran, suntikan dari glukagon hormon dapat diberikan untuk meningkatkan kadar glukosa darah dan mengembalikan kesadaran. Ini hanya jika suntikan tersedia dan orang yang memberikan suntikan tahu bagaimana menggunakannya.

Anda harus menghubungi 118/119 untuk meminta ambulans jika:
ü  kit glukagon injeksi tidak tersedia
ü  ada seorang pun dilatih untuk memberikan suntikan
ü  injeksi tidak efektif setelah 10 menit

Jangan pernah mencoba untuk menempatkan makanan atau minuman ke dalam mulut seseorang yang mengantuk atau tidak sadar karena mereka bisa tersedak. Ini termasuk beberapa persiapan tinggi gula khusus dirancang untuk mengolesi dalam pipi.

Mencegah hipoglikemia
Jika Anda memiliki diabetes yang memerlukan pengobatan dengan insulin, cara paling aman untuk menghindari hipoglikemia adalah untuk secara teratur memeriksa gula darah Anda dan belajar untuk mengenali gejala awal.

Hilang makanan atau makanan ringan atau makan karbohidrat kurang dari yang direncanakan dapat meningkatkan risiko hipoglikemia. Anda harus berhati-hati saat minum alkohol karena juga dapat menyebabkan hipoglikemia, kadang-kadang banyak jam setelah minum.

Latihan atau aktivitas penyebab potensial lain, dan Anda harus memiliki rencana untuk menghadapi ini, seperti makan karbohidrat sebelum, selama atau setelah latihan, atau menyesuaikan dosis insulin anda.

Anda juga harus memastikan bahwa Anda secara teratur mengubah tempat Anda menyuntikkan insulin sebagai jumlah insulin Menyerap tubuh Anda dapat berbeda tergantung di mana itu disuntikkan.

Selalu membawa karbohidrat cepat-acting dengan Anda, seperti tablet glukosa, karton jus buah (yang mengandung gula), atau permen dalam kasus Anda merasakan gejala datang atau tingkat glukosa darah anda rendah.

Pastikan teman dan keluarga tahu tentang diabetes dan risiko hipoglikemia. Hal ini juga dapat membantu untuk membawa beberapa bentuk identifikasi yang memungkinkan orang tahu tentang kondisi Anda dalam keadaan darurat.

Ketika hipoglikemia terjadi sebagai akibat dari kondisi yang mendasarinya selain diabetes, kondisi akan perlu dirawat untuk mencegah hypo lanjut.

Apa yang menyebabkan diabetes?
Jumlah gula dalam darah biasanya dikendalikan oleh hormon yang disebut insulin, yang diproduksi oleh pankreas (kelenjar di belakang perut).

Ketika makanan dicerna dan memasuki aliran darah Anda, bergerak insulin glukosa dari darah dan masuk ke sel, di mana itu dipecah untuk menghasilkan energi.


Namun, pada diabetes, tubuh tidak mampu untuk memecah glukosa dan mengubahnya menjadi energi. Hal ini karena ada baik tidak cukup insulin untuk memindahkan glukosa, atau insulin yang dihasilkan tidak bekerja dengan benar.

Salam Kesehatan Dari AkurKes
Untuk Info Kesehatan Tetap Kunjungi Blog Ini, Kesehatan Itu Akur Banget

2 Responses to "Hipoglikemia (gula darah rendah)"

  1. Main Poker Online sambil mencari UANG??

    Gabung di S1288POKER - Agen Poker 100% Fair No BOOT !!

    Sarana bermain Poker dengan Rupiah Asli !!

    - Bonus New Member 10%
    - Bonus Freechip
    - Bonus Turn Over Mingguan
    - Bonus Refferal 10%

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : 7AC8D76B
    WA : 087782869981

    ReplyDelete
  2. Sabung Ayam Live Online Terbaik & Terlengkap!
    Tersedia Taruhan S128 | SV388 | KUNGFU Chicken
    Bonus 10% Deposit Member Baru / Cashback 5 - 10% Setiap Minggu
    Daftar >> Deposit >> Withdraw Sekarang Juga Di Website www. bolavita .site
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    BBM: BOLAVITA
    WA: +628122222995

    ReplyDelete