Waspadai Posisi Duduk Pada Anak

(SAHABAT KELUARGA) Apakah anak Anda sering duduk dalam posisi seperti huruf W, yakni lutut ditekuk dan kaki ke belakang dengan arah menyamping atau keluar, baik kaki kiri maupun kaki kanan (Tepatnya lihat foto) ? Posisi ini sering membuat nyaman anak-anak biasanya saat nonton televisi atau bermain dengan teman-temannya.

Menurut dokter dan ahli terapi Connie Challoner, bila posisi W ini dilakukan dalam waktu yang lama dan berulang-ulang atau sering, berpotensi menyebabkana masalah ortopedi dan mempengaruhi postur tubuh, yakni sulit untuk memiliki postur tubuh yang tegak saat dewasa kelak.
“Posisi ini memicu tekanan berlebih pada pinggul dan menghambat bagian otot pinggul, punggung dan perut. Selain itu, kebiasaan ini juga berdampak buruk pada pergelangan kaki, lutut dan stabilitas inti, “katanya seperti yang dilansir dari Mirror.
Posisi duduk ini, kata Connie, juga dapat menyebabkan persendian, keseimbangan dan keterampilan motorik anak melemah. Connie pun menyarankan agar orangtua segera memperbaiki posisi duduk anak-anak. Salah satunya dengan duduk bersila atau kaki yang diluruskan.
Ahli ortopedi dari Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, mengatakan hal yang sama,  bahwa kebiasaan duduk W akan mendorong kondisi yang disebut dengan internal rotation atau sendi yang terputar menuju arah dalam.
"Di ortopedi kita menyebutnya internal rotation. Posisi ini bila terulang dan waktunya lama menyebabkan proses pembentukan panggul menjadi cenderung berlebihan," kata dr Faturachman.
"Dampaknya, apabila berjalan, posisi kakinya bengkok ke dalam," lanjutnya.
Walaupun dari segi medis, tambahanya,  sebetulnya tak ada yang berbahaya, hanya saja anak akan jadi lebih terhambat kemampuan motoriknya. Pada usia empat sampai delapan tahun bisa menghalangi anak untuk lincah bergerak. 


1 Response to "Waspadai Posisi Duduk Pada Anak"

  1. Sabung Ayam Live Online Terbaik & Terlengkap!
    Tersedia Taruhan S128 | SV388 | KUNGFU Chicken
    Bonus 10% Deposit Member Baru / Cashback 5 - 10% Setiap Minggu
    Daftar >> Deposit >> Withdraw Sekarang Juga Di Website www. bolavita .site
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    BBM: BOLAVITA
    WA: +628122222995

    ReplyDelete